Cara memasang kusen pintu jendela aluminium

IMG01122-20130326-1450

Kusen aluminium akhir-akhir ini banyak diminati masyarakat sebagai pengganti pintukayu yang sebelumnya telah populer, tampilan yang indah,mudah didapat serta anti rayap merupakan alasan terbesar sehingga memutuskan untuk menggunakan jenis bahan bangunan logam ini. ya.. apapun alasanya, disini kita akan mencoba menguraikan cara memasang kusen pintu atau jendela aluminium sehingga bisa menghasilkan kualitas terbaik.

Bahan dan Alat untuk memasang kusen aluminium

Sebelumnya kita siapkan bahan-bahan yang akan dipakai yaitu

  1. Sealent , semen atau mortar
  2. Rangkaian pintu atau jendela yang sudah siap pasang, misalnya terdiri dari kusen, daun pintu serta kaca.
  3. Fischer
  4. Skrup
  5. Isolasi plastik atau kertas.
  6. Kusen alumunium yang mau dipasang.

Setelah bahan bangunan sudah tersedia maka bisa kita lanjutkan dengan menyiapkan peralatan pemasangan yaitu

  1.  Obeng
  2. Bor tembok.
  3. Baji kayu atau karet.

IMG0018A

Metode pemasangan kusen aluminium

  1. Pada saat pemasangan dinding entah itu batu bata atau gypsum maka harus kita persiapkan lobang kusen agar tidak perlu melakukan pembongkaran, ukuran lobang disesuaikan dengan ukuran kusen ditambah 1 cm untuk tempat sealent.
  2. Lalu kita masukan kusen kedalam lobang, mengatur agar posisinya pas dengan menggunakan alat beji, setelah posisi pas maka kita stel kelurusan kusen dengan dinding, ketegakan dan kedataran sampai benar-benar bagus.
  3. Kita buat lobang untuk tempat skrup pada dinding melalui lobang kusen dengan menggunakan alat bor, kemudian kita masukan fischer kedalam lobang bor yang telah kita buat. lalu kita ambil obeng untuk mengencangkan fischer.
  4. Kita siapkan daun pintu atau jendela yang sudah dirangkai penuh, misalnya sudah terpasang kaca dengan sempurna.
  5. Daun pintu atau jendela tersebut kita masukan ke lobang kusen, kem100_0111udian kita pasang semua aksesorisnya seperti engsel, roda, rel, hendle, door closer dan yang lainya.
  6. Kemudian kita lakukan finishing tembok dengan menggunakan bahan mortar/ semen dan sealent. pengisian dilakukan sampai tertutup semua celah antara dinding dan kusen.
  7. Selama proses pelaksanaan pembangunan berlangsung maka rawan terjadi goresan atau benturan sehingga terjadi kerusakan kusen. oleh karena itu kita buat pelindung dengan bahan isolaso plastik atau kertas.

Demikian sedikit gambaran tentang urutan pemasangan kusen aluminium, cara lain tentu saja masih banyak karena yang namanya teknologi bangunan itu terus berkembang seiring daya kreatifitas oleh pikir dan inovasi para pekerja atau pengusaha bangunan :-)

Sumber : http://www.ilmusipil.com/cara-memasang-kusen-pintu-jendela-aluminium

Informasi untuk pembuatan dan pemasangan kusen alumunium

Hub:

PD AGUNG ALUMUNIUM

Jl. Ters. Kopo KM.11 No.81 Katapang Bandung

Call: 0813 225 90902

Email: pd_agung@hotmail.com

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar