Memilih Jenis dan Material Jendela

Memilih Jenis dan Material Jendela

Penulis : Dian Ridya Prastiti
Ridya adalah arsitek pemilik PT. Adya Duamitra yang mendapatkan gelar Master of Architecture dari School of Architecture Washington University, USA

Pada artikel Expert Corner sebelumnya yang berjudul Hemat Penggunaan Energi Lewat Jendela Rumah, saya sudah membagi beberapa kiat untuk memanfaatkan jendela sebagai sumber penerangan dan udara alami di hunian Anda. Selain pemilihan lokasi jendela yang tepat, pemilihan jenis dan material jendela juga tidak kalah krusialnya. Dengan memilih jenis dan material yang sesuai, maka karakter rumah dapat terbentuk sempurna. Simak referensi berikut ini dalam memilih jenis dan material jendela untuk rumah impian Anda.

JENIS-JENIS JENDELA

Dalam menentukan tipe jendela, pilihlah yang paling sesuai dengan konsep rumah anda.  Bagian-bagian dari jendela adalah daun jendela, kusen, kaca, handle, engsel. Adapun tipe-tipe jendela adalah sebagai berikut:

  • Jendela Geser

Sesuai namanya, jendela dengan tipe ini, dibuka dengan cara digeser (sliding window), baik horizontal maupun vertikal (double hung).

Jendela Geser atau sliding windows

Sumber Gambar: Nancy’s Cleaning

  • Jendela dengan Engsel atau Jendela Ayun

Beberapa jenis jendela ayun (swinging window) adalah casement (buka samping), jungkit atau awning (engsel terletak di atas kusen), hopper (engselterletak di bawah kusen), dan nako (jalusi)

Jendela Ayun atau Swinging Windows

Sumber Gambar: Houzz

  • Fixed Windows

Tipe jendela seperti ini umumnya hanya berupa lubang kaca yang tidak dapat dibuka sehingga tidak berfungsi untuk mengalirkan udara.

Fixed Window

Sumber Gambar: Accent Building Products

 MATERIAL JENDELA

Beberapa material jendela yang umum digunakan adalah kayu dan alumunium.

  • Jendela Kayu

Material kayu banyak digunakan untuk rumah tropis, klasik bahkan modern. Kualitas kayu dilihat dari kekuatan, kepadatan dan besarnya kemungkinan susut atau muai kayu. Kayu jati memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh, tapi harganya cukup mahal karena tingginya kualitas dan kelangkaannya. Kayu kamper adalah jenis kayu yang umum digunakan, seperti kamper Samarinda, kamper Singkil, kamper Medan, kamper Kompas dan kamper Banjar. Untuk saat ini, jenis yang terbaik adalah kamper Samarinda.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan material kayu, pastikan kayu yang digunakan adalah kayu yang sudah dikeringkan (oven). Hal ini untuk mengurangi muai dan susut kayu setelah terpasang. Kayu rentan terhadap rayap. Untuk itu, pastikan material kayu telah diberi anti rayap sebelum dipasang. Selain itu, perawatan berkala untuk antirayap juga perlu dilakukan untuk menjaganya.

Sumber Gambar: Style Roofing

Jenis finishing untuk jendela kayu adalah melamic atau duco. Untuk melamic, warnanya natural kayu dan serat alami kayu masih terlihat sehingga memberi kesan hangat dan natural. Duco lebih kelihatan plastis karena seluruh serat kayu tidak terlihat sehingga kesannya lebih modern.

Sebagai upaya perlindungan yang optimal terhadap paparan cuaca luar, gunakan cat Jotun Gardex Premium Gloss atau Semi Gloss untuk melapisi material kayu yang membingkai jendela rumah.

  • Jendela Alumunium

Finishing untuk jendela alumunium adalah anodizing biasa (warna asli alumunium) dan powder coating (putih atau coklat). Untuk menghindari kebocoran pada jendela aluminium, pastikan pemasangan yang benar dan aplikasikan silicon gel (sealant) pada sambungan antara pinggiran kusen dan dinding.

Sumber Gambar: Mainline Contractor

Apa pun pilihan model, jenis dan material jendela yang Anda pilih, selalu ingat bahwa jendela merupakan salah satu elemen terpenting pada bangunan. Sesuai pilihan tersebut dengan karakteristik rumah dan fungsi yang ingin dicapai. Dengan pilihan jenis dan material yang tepat serta peletakannya yang sesuai, maka rumah Anda akan terasa lebih nyaman dan indah.

sumber: http://mandorbangunan.wordpress.com/artikel/memilih-jenis-dan-material-jendela/

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s